Photo Cube Generator

Kamis, 02 Desember 2010

Jembatan Srowol jalur alternatif Borobudur ambrol

Banjir lahar dingin di Kali Pabelan menyebabkan jembatan Srowol di jalur alternatif Borobudur ambrol sedalam 2 meter di sebelah timur. Jembatan itu berlokasi di kawasan Progowati, Kecamatan Mungkid, Magelang dan merupakan terusan dari Kali Senowo. Pondasi jembatan ini masih menggantung dan memungkinkan jembatan akan terputus tergerus banjir lahar dingin Merapi.

Akibat penggerusan tersebut, lanjutnya, pondasi jembatan di sisi timur jadi menggantung. Sebab tanah maupun wadas yang menyangga jembatan itu ikut terbawa arus banjir. Tak hanya itu, tebing bantaran sungai di sisi kanan dan kiri pun ikut runtuh. Jadilah sungai itu kian melebar.

“Selain pondasi jembatan tergerus. Aliran irigasi yang terletak dibagian barat  juga ambrol," kata salah seorang petani di Progowati, Nurohmad.

Ambrolnya irigasi ini mengancam lahan pertanian dan perikanan di empat dusun di desa Progowati. “Jumlah lahan yang mengandalkan  aliran irigasi  yang ambrol itu mencapai 70 hektare. Kalau sudah seperti ini kondisinya,  butuh solusi baru,” katanya.

Petugas keamanan dibantu masyarakat setempat memasang rambu larangan lewat. Larangan melintas dari arah Muntilan maupun dari arah Borobudur. Kendaraan roda empat yang akan melintas harus memutar arah melalui jalan raya Yogya-Magelang.

Berikut Video detik-detik runtuhnya jembatan Srowol,Progowati,Mungkid

Tidak ada komentar:

Posting Komentar