Photo Cube Generator

Minggu, 26 Desember 2010

Jembatan Darurat Srowol Ditarget Selesai Akhir Tahun

ANTARA - Pemasangan kerangka jembatan bailey sebagai jembatan darurat Srowol di Adikarto, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jateng, ditargetkan selesai pada akhir tahun 2010.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Magelang, Sutarno, di Magelang, Senin, mengatakan, rangkaian kerangka bailey sudah selesai dan akan dilanjutkan pemasangan balok kayu untuk lantai dan deck plank.

"Pembuatan jembatan darurat yang dimulai pada Jumat (17/12) tersebut diharapkan sudah bisa dioperasikan pada awal tahun baru nanti," katanya.

Akibat diterjang banjir lahar dingin pasca erupsi Gunung Merapi, bagian bawah fondasi tergerus dan jembatan ambles. Ketika terjadi banjir lahar dingin pada Rabu (8/12) jembatan tersebut hanyut. 

Sutarno mengatakan, pada tahap akhir di dua ujung jembatan akan dibangun oprit masing-masing sepanjang lima meter.

Ia menuturkan, pembuatan oprit itu untuk mempermudah kendaraan yang akan melintas di atas jembatan yang posisinya sekitar 0,5 meter dari permukaan jembatan lama.

Pemasangan jembatan darurat di atas alur Sungai Pabelan itu sebagai upaya memulihkan kembali arus transportasi dari arah Muntilan dan Kulonprogo (Yogyakarta) menuju Kota Mungkid dan Borobudur.

Ia menyebutkan, kerangka bailey memiliki bentangan sepanjang 60 meter dan lebar empat meter, terdiri atas 20 pias, masing-masing sepanjang tiga meter. Untuk lantai dan deck plank jembatan disiapkan balok kayu bangkirai berukuran 10 x 12 sentimeter.

Pemasangan kerangka jembatan dari bahan baja tersebut melibatkan sekitar 30 personel TNI dari Yon Zipur Kodam IV/Diponegoro Ambarawa. Sumber Berita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar