Photo Cube Generator

Kamis, 24 Februari 2011

Review Lenovo S10-3T

Pada pertengahan tahun 2010 ini, dunia kembali diguncang oleh Apple. Perusahaan raksasa asuhan Steve Jobs itu menawarakan gadget revolusioner, iPad. Namun peluncuran iPad yang sangat terbatas membuat harganya meroket setinggi langit. Pada awal kemunculannya, harga iPad di pasaran mencapai 8-9 Jutaan.
Kali ini rosyidi.com tidak akan membahas iPad. Selain iPad belum masuk Indonesia secara resmi, kami rasa harga iPad terlalu mahal hanya untuk sekedar piranti pengganti ebook reader, dan pemutar multimedia. kalau ingin mengetahui lebih jauh tentang iPad, bisa anda baca di majalah Info Komputer edisi bulan Juni 2010, disana dinyatakan bahwa iPad hanya cocok untuk hiburan, bukan untuk kerja, kurang lebih seperti itu kesimpulannya.
Lalu yang saya pertanyakan, apakah sepadan harga 9 juta hanya sebagai ebook reader atau hiburan ?
Kalau menurut saya pribadi kurang sepadan. Dan karena itulah muncul banyak produk jiplakan asal Cina yang harganya relatif terjangkau. Rata-rata harganya 2-3 jutaan di Indonesia, dengan merk IPad (bukan iPad), iPed, aPad, dan lain-lain. Tapi cukup sepadan dari kerja keras yang mereka ciptakan. Karena ini merupakan produk revolusioner.


Dan setelah kemunculan iPad, Lenovo tak mau kalah mengambil gebrakan. Lenovo memunculkan Lenovo S10-3t. Netbook sekaligus Tablet PC dengan tampilan yang menawan.
S10-3t, bukan cuma sekedar netbook biasa. Tapi juga bisa menggantikan fungsi iPad, bahkan lebih dari itu.
Yang pertama, begitu diposisikan sebagai tablet PC, S10-3t bisa langsung memunculkan software khusus yang di design untuk penggunaan Touch screen (layar sentuh). Layar sentuh S10-3t merupakan layar sentuh multi touch. Jadi seperti layaknya iPad, tinggal menggeser jari untuk melakukan scroll, menggunakan dua jari untuk zoom in dan zoom out, dan juga bisa merotasi gambar dengan sentuhan jari. Bila anda pernah melihat iPhone atau iPad, cara kerjanya hampir mirip.

UPGRADE
Oh ya.. sebelum melangkah lebih jauh, Rosyidi.com sangat menyarankan agar pada saat beli melakukan upgrade RAM juga. RAM bawaan dari Lenovo hanya sebesar 1GB. Itu sangat kurang. Silakan upgrade menjadi 2 GB. Ini WAJIB menurut saya. Satu lagi yang tidak kalah penting, upgrade juga Windows, minimal ke Windows 7 Home Premium. Karena fungsi multi touch hanya ada di minimal versi Home Premium. Namun jika anda tidak terlalu membutuhkan fitur itu, saya rasa Windows 7 sudah cukup bagus, karena fiturnya yang sedikit membuat beban menjadi ringan.
Ebook Reader

S10-3t sangat cocok untuk ebook reader. Saya sendiri sekarang tidak perlu membeli koran cetak. Sekarang saya berlangganan koran Jawa Pos versi digital. Harganya jauh lebih murah. cuma sekitar 25 ribuan / bulan. Dan yang terpenting, sangat ramah lingkungan.
S10-3t sangat cocok sebagai ebook reader, karena layarnya menggunakan LED backlight. Sehingga lampu latar bisa dimatikan, dan ini sangat menyamankan dalam membaca, karena tidak silau di mata.
Sama seperti iPhone maupun iPad, sebenarnya layar tersebut bisa berotasi sendiri atau istilah kerennya Gravitation Adjusting. Jadi ketika kita putar netbook ini ke posisi portrait, orientasi layar akan mengikuti. Sayangnya, Gravitatin Adjusting ini tidak diaktifkan dalam kondisi default; kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu melalui aplikasi Screen Rotation Setting. Sayang, feature sebagus ini bisa-bisa tidak banyak yang tahu.
Pemutar Video HD
Dalam fungsinya sebagai pemutar video S10-3t dapat memutar video High Definition (HD) dengan lancar. bahkan resolusi 1280 x 780 px. Namun tidak tau kenapa, banyak review yg mengatakan putus2 ketika memutar video HD. Mungkin mereka review secara standart, belum dilakukan upgrade RAM seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Dari hasil tes yang saya lakukan, video selalu lancar dalam resolusi berapapun, hanya suaranya saja yang putus2 pada resolusi diatas 2000 px. Ya jelas saja putus2. Resolusi sebesar itu memang bukan diperuntukkan kelas netbook. Jadi kita harus relistis juga dalam menggunakan. Gajahpun kalau dinaikkan ke mobil sedan jelas tidak muat.
Game
Bagi anda yang suka bermain game. Banyak sekali game touch screen yang menarik. Misalnya yang saya sukai Where’s Waldo. Atau mungkin bisa bermain solitair dengan sensasi yang berbeda karena disentuh langsung, bukan dengan mouse.
Namun jika anda mania game, S10-3t kurang cocok untuk anda, karena ini netbook, dan hanya bisa menjalankan game2 kecil, bukan game berat.
iPad dengan Windows 7
Lenovo bisa juga disebut sebagai iPad dengan windows 7, karena berbagai kemudahan iPad, bisa didapat disini. Dan bahkan lebih lengkap. Misalnya Flash Player, perlu diketahui iPad tidak menyertakan flash player, dan inilah yang menuai kritik tajam dari pembeli.
Namun bila anda menggunakan Lenovo S10-3t, semua software bisa masuk. Baik itu menggunakan Windows maupun Linux. Jadi lebih bervariasi.
Saat ini saya sedang mencoba menjalankan iPhone emulator di Lenovo S10-3t. Bila bisa berjalan dengan baik, maka cukup dengan membeli S10-3t anda bisa merasakan iPad dalam genggaman anda
Prosesor
Lenovo S10-3t ditenagai dengan prosesor terbaru Intel Atom N470. Lebih cepat dan lebih hemat energi dibandingkan N450. Memang Intel berencana mengeluarkan prosesor dual core versi atom yaitu seri N550, namun saya yakin produk tersebut baru keluar di pasaran tahun depan. Memang N550 lebih bertenaga, namun N550 sekaligus lebih boros listrik.
Batrai
Inilah kelemahan Lenovo S10-3t. Saat ini yang masuk ke Indonesia hanya batrai 3 cell, yang daya tahan batrainya hanya sekitar 2-3 jam. Sebenarnya ada yang 10 cell, namun belum masuk ke Indonesia.
Suara
Speaker Lenovo S10-3t bisa dibilang buruk. Suaranya cenderung cempreng. Namun anda baru akan merasakan dahsyatnya suara bila menggunakan headphone. Saya merasakan perbedaan yang mencolok ketika menggunakan headphone di Lenovo dibandingkan dengan di PC atau notebook saya yang lain. Suaranya benar-benar bagus.
Spesifikasi :
- CPU: Intel Atom N470 (1.83GHz)
- OS: Windows 7 Starter Edition (32-bit)
- Display: 10,1 inchi (1024×600)
- Memori RAM: 1GB (up to 2 GB)
- Baterai: 4-cell
- Berat: 1,27 kg
- I/O: 2 USB, 2 jack audio, LAN, VGA
- Storage: 250 GB
- Harga: Rp 5,5 juta
*Lenovo Indonesia, (021) 300210000
Ditulis oleh Agam Rosyidi dalam 13 July 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar